Senin, 18 April 2011

My Side Story - Maafkan Saya Pak Pol!!!


Edisi Ketilang 1

Layaknya para muda pada umumnya, aku menghabiskan weekend dengan bersenang-senang melepas penat yang melanda selama seminggu jam sibuk. Tujuan kali itu adalah Royal Plaza Surabaya. Ditemani adik tercinta, kami cuci mata berkeliling mall. Dan kami pun pulang menjelang maghrib.

Seperti biasa, jalanan Surabaya di jam-jam petang selalu macet. Saat itu, kami melewati perempatan Wonokromo, aku melihat lampu lalu lintas sudah berwarna oranye, maka langsng kukebut motorku, agar tidak sampai lampu merah. Soalnya, ampun deh lampu merahnya disana lama banget.

Feelingku mulai nggak sreg nih. Dan benar saja, tak lama kemudian, seorang polisi melambaikan tangannya padaku, dan menyuruhku menepi. Dalam hatiku berkata, “pasti ketilang”. Percakapan antara aku dan polisi pun dimulai.

Pak pol: Tadi nggak lihat ada lampu merah, Mbak?
Aku    : Enggak Pak, tadi lho masih lampu oranye
Pak pol: Oh, tau lampunya masih oranye makanya langsung dikebut aja ya Mbak
Aku    : Nah, itu Bapak sudah tau. Ada yang salah Pak? (tanyaku dengan innocent)
Pak pol: Lampu oranye itu artinya memberi kesempatan pada pengguna jalan untuk mengerem kendaraannya.
Aku    : Oh gitu ya Pak, saya baru tahu. Sungguh.
Pak pol: Lho, punya SIM apa nggak?
Aku    : Punya lah Pak. Tapi setau saya, dari jaman SD dulu, “Pengendara harus berhenti ketika lampu merah”, kalo lampu oranye nggak ada aturannya gitu deh Pak. Sungguh.
Pak pol: Ya sudah, SIM nya saya bawa, diambil pas sidang ya.
Aku    : Sidangnya kapan lho Pak?
Pak pol: Besok, hari Senin.
Aku    : MasyaAllah Pak, tega banget sih, ya saya ujian Pak. Ini namanya tidak membantu program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Pak pol: Ya diambil ayahnya dong!
Aku    : Ayah saya hari Senin ya kerja lah Pak, sama kayak Bapak juga, bekerja demi menafkahi keluarga. Nguliahkan saya, nyekolahkan adek saya.
Pak pol: Puinter ngomong rek Mbak iki, kuliah opo se?
Aku    : Komunikasi Pak
Pak pol: Owalah pantesan ngomonge ngewes.
Aku    : Apa nggak ada solusi lain Pak.
Pak pol: Mau ditilang ta?
Aku    : Waduh (menepuk dahi), kena berapa Pak?
Pak pol: (ngitung lama) 78 ribu!
Aku    : Saya pinjem hape atau telpon gitu dong Pak!
Pak pol: Buat apa?
Aku    : Telpon ayah saya. Suer deh Pak, aku nggak bawa uang segitu.
Pak pol: Aduh-aduh, ya sudah, kamu punyanya berapa?
Aku    : (mengeluarkan isi dompet, tapi tidak termasuk duit selempitan haha :D). Cuman 22 ribu Pak! (menyerahkan uang dengan sangaat berat hati)
Pak pol: Ya sudah nggak papa, nanti keburu Maghrib dicariin ayahnya.
Aku    : Pak!
Pak pol: Apa lagi?
Aku    : Ngobrol-ngobrol lama sama Bapak, bikin haus ya. Seret tenggorokan saya Pak, nanti kalo di jalan kenapa-napa kan bahaya.
Pak pol: Nggak ada minum disini. Ya di depan sana kan ada warung, kamu beli disana.
Aku    : Lhah, belinya pake apa, uangnya sudah abis. Nggak disisai sama Bapak.
Pak pol: (garuk-garuk kepala, wajahnya keliatan sebel). Ya sudah, ini 2 ribunya buat beli minum (menyerahkan uang 2ribuan).
Aku    : Wah, Pak polisi ini sumpah baik banget. Memang pahlawan bangsa. SIM saya mana Pak?
Pak pol: (kayaknya sudah benar-benar frustasi menghadapiku). Ini, lain kali jangan diulang lagi lho! Kalo lampu oranye berhenti.
Pak pol 2: Opo onok lampu oranye? Lampu kuning ta?
Pak pol: Aku melok-melok Mbak iki dadi ketularan lampu oranye.
Aku     : Lho, oranye Pak. Coba liat lebih teliti! Salah kaprah orang-orang ini
Aku dan adikku: Hahahaha, konyol sekali.

Begitulah kronologis penilangan yang terjadi saat itu. Saat menulis ini, rasanya pengen ketawa, tapi ya agak sebel campur kasihan sama Pak Polisi yang meladeniku. :)

6 komentar:

  1. aku wingi yo ketilang nang wonokromo

    polisi: stop stop, (sambil menghalangi motorku)
    aku: iya pak...(trus aku digiring ke pos)
    polisi: mana sim dan stnk nya?
    aku: ini pak..(sambil menyerahkan dengan cengengesan)

    polisi: kamu ini, kalo tandanya merah berarti berhenti...
    Aku:gak ada lampu lalu lintasnya pak, saya kira yang bapak pegang itu lampu kendaraan bukan tongkat polisi.

    polisi: sim dan stnk saya tahan, diambil pas sidang ya...
    aku: kapan sidangnya?
    polisi: tanggal 6 Mei di blablabla (pak polisi menjelaskan panjang lebar, aku gak ngerti)

    aku: waduh, saya jam segitu ujian pak. emang berapa biayanya sidang?
    polisi: 51rb

    (aku terus ngomong ae, mbulet gak karuan)



    polisi: ya udah karena udah malam, wes mbaknya kasih seikhlasnya aja...
    aku: oh iya pak (sambil membuka dompet dan ada uang 50an ribu), waduh pak gak ada uang kecil...


    polisi: wes mbak, udah udah, pulang aja, gak usah ketemu saya lagi.....

    BalasHapus
  2. hahaha, polisi wonokromo ancen gampang pasrah :D
    nyoba maneh yo din!!

    BalasHapus
  3. hehehehe luctu 2, seneng aku baca na ,, ckckckck

    BalasHapus
  4. makasihh :D
    sering-sering mampir yakk!
    blog kamu juga bagus

    BalasHapus
  5. o iya, silakan baca-baca postingan lain di blog ini :)

    BalasHapus